Selasa, 09 Agustus 2011

Kegagalan Sangat mempesona. Betul kah????


Kegagalan adalah sesuatu yang bisa kita hindari dengan tidak mengatakan apa-apa, tidak melakukan apa-apa, dan tidak menjadi apa-apa. (Denis Waitley).
Nggak usah berteriak ketika membaca judul artikel ini. Ya…. Gagal itu indah ketika kita mengetahui hakikat kegagalan itu. Menangis boleh saja karena itu adalah karunia yang diberikan kepada kita untuk melepaskan beban hidup. Perasaan sakit atau sedih ketika kita dapat nilai ulangan yang jelek, ketika tidak diterima di Perguruan Tinggi Favorit, ataupun kegagalan lainnya merupakan tanda bahwa kita adalah remaja yang normal, yang menginginkan keberhasilan dan kebahagiaan. Ketika kita bersedih karena apa yang kita inginkan tidak tercapai itu merupakan tanda bahwa kita masih ingin untuk mencapai keinginan tersebut. Bukankah itu bagus??
Disinilah diperlukan suatu motivasi. Apa sih motivasi itu??? Dapatkah dia membuat hati kita yang hancur berkeping-keping karena karena suatu kegalalan menjadi utuh bahkan lebih baik??? Mari kita bahas ya….
Yang dimaksud dengan motivasi adalah keadaan internal yang menaikkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku. Keadaan internal itu dapat berupa dorongan hati. Dorongan itu dapat berupa motivasi yang lebih untuk belajar karena nilai ulangan yang jelek ataupun motivasi yang lain. Ini sering disebut dengan motivasi berprestasi. Yaitu dorongan untuk menyelesaikan sesuatu, mencapai keunggulan, dan memperluas usaha untuk berhasil secara memuaskan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan. Jangan melepas segala usaha dan impian ketika gagal. Bayangkan saja jika setiap orang yang gagal begitu saja melepas cita-cita mereka. Pasti tidak ada kemajuan di dunia ini. Thomas Alfa Edison puluhan kali gagal membuat lampu pijar, tapi ia tidak putus asa. Jurnalis senior Rosihan Anwar, sudah kenyang dengan penolakan atas tulisan mereka. dan masih banyak orang sukses lainnya yang mengalami kegagalan.
Jangan lepas cita-cita dan keinginanmu. Kegagalan itu indah. Kegagalan itu tantangan yang mesti ditaklukkan, bukan sekadar ditangisi. Tanpa kegagalan dan kesalahan kita tidak tahu bagaimana caranya menjadi orang benar dan berhasil. Selain itu jika kita juga tidak pernah belajar untuk lebih dalam suatu hal. Banyak yang bisa kita lakukan setelah kegagalan. Mata kita jadi terbuka akan berbagai hal. Kita jadi lebih sungguh-sungguh. Kita jadi tidak mudah lengah, kita semakin bisa menghargai sebuah keberhasilan dan sederet pengalaman yang kita dapatkan.
Banyak jalan menuju Roma…. Asal motivasi kita kuat kita dapat meraih apa yang ingin dan belum kita raih. Keberhasilan bukan hanya sekedar milik para juara kelas ataupun orang kaya, keberhasilan itu milik orang yang terus berjuang dan mampu membaca peluang. Jadi tetap tumbuhkan motivasi dalam diri kalian. Pasang itu sebagai misi yang harus kalian capai. Anggap dia adalah penyemangat. Dan jangan biarkan motivasi itu layu…. Jadikan dia selalu seperti kayu dalam genangan bensin, selalu menyala. Karena tanpa motivasi kita hanya akan bisa menangisi yang telah terjadi tanpa ada niat untuk merubahnya.
Dari penjelasan diatas…. Udah sedikit mengerti kan tentang dahsyatnya motivasi??? Ya…. Dia memang sangat dahsyat karena bisa membuat orang yang terpuruk menjadi bangkit, orang yang pemalas jadi rajin….. namun, itu semua juga tergantung pada pribadi masing-masing dan seberapa besar motivasi tersebut??? Jika pribadi itu mempunyai dan membangun motivasi yang kuat dalam dirinya maka bukan tidak mungkin dia akan mancapai keinginan yang dia inginkan. Namun, ketika motivasi itu hanya sesaat kita akan kembali menjadi orang yang tanpa arah setelah kegagalan yang mendera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar